Spesifikasi Oli Yamalube Sport dan Cara Ganti Oli Yamaha MX 135 LC

motor jupiter mx 135 lc dan oli yamalube sport
Oli yamalube sport dan Motor Jupiter MX 135 LC - cahinfo

Pada kemasan oli Yamalube sport tertulis SL 10w-40 JASO MA, dengan bahan dasar semi sintetic, Apa sih artinya ?

Spesifikasi Oli Yamalube Sport

kita akan bahasa spesifikasi oli ini dulu ya, kode SL adalah tingkatan oli untuk mesin konvensional  S berarti service sedang kan L adalah tingkat grade oli tersebut  semakin tinggi abjad di depan huruf S berati gradenya semakin bagus.

Kode angka 10w adalah kekentalan oli pada suhu dingin, semakin rendah angkanya semakin encer sedangkan angka 40 adalah kekentalan oli pada saat kondisi mesin sudah berjalan.

Lanjut ke kode JASO, JASO singkatan dari Japanese Automotive Standart Association, suatu badan atau lembaga uji standar kualitas oli di jepang, sedangkan kata MA berarti penggunaan oli untuk mesin kopling basah seperti motor bebek dan sport,

sekarang kita lanjut cara penggantian oli di motor Jupiter MX 135 LC, kapasitas oli MX adalah 0.94 liter untuk penggantian berkala. untuk total kapasitasnya 1,15 liter, kalau susah takarnya 1 liter tidak masalah untuk penggantian berkala.

Cara penggantian Oli Yamaha Jupiter MX 135 Lc.

Pertama, buka dulu baud untuk membuang oli lama, letaknya ada di bawah mesin, karena agak susah untuk membuka baudnya, kita gunakan kunci shock atau kunci ring dengan ukuran 19 mm. memgunakan kunci shock karena lebih mempermudah.

Kedua, buka tutup inlet oli yang ada di sebelah kanan untuk mempercepat pembuangan oli, di step ini tergantung kebiasaan, bisa juga buka tutup inlet sebelum outlet.

Ketiga, Sekarang tinggal kita tunggu oli benar-benar surut, sementara itu, kita bersihkan saring oli dan baud dari kotoran, agar butiran pasir atau kotoran tidak terbawa masuk ke mesin pada saat saringan dan baud outlet kita pasang kembali.

Keempat, ketika Oli sudah surut kita pasang kembali saringan dan baud outletnya, sekarang kita buka kemasan olinya, untuk oli Yamalube cara buka tutupnya agak uniq ya kita harus congkel tutup kemasan oli dengan obeng minus, meski agak sulit tapi lebih safety dari praktek pemalsuan oli,

Kelima, sekerang tuang olinya menggunakan corong, karena posisi lubang inlet nya agak miring dan kecil jadi susah jika tidak menggunakan corong.

Proses penggantian oli sudah selesai, tinggal engkol dulu beberapa kali sebelum kita nyalakan kontak dan jengkol lagi, kita running mesin beberapa saat agar oli masuk ke komponen-komponen mesin.

Komentar