![]() |
Oli yamalube sport dan Motor Jupiter MX 135 LC - cahinfo |
Pada kemasan oli Yamalube sport tertulis SL 10w-40 JASO MA, dengan bahan dasar semi sintetic, Apa sih artinya ?
Spesifikasi Oli Yamalube Sport
kita akan bahasa spesifikasi oli ini dulu ya, kode SL adalah
tingkatan oli untuk mesin konvensional S
berarti service sedang kan L adalah tingkat grade oli tersebut semakin tinggi abjad di depan huruf S berati
gradenya semakin bagus.
Kode angka 10w adalah kekentalan oli pada suhu dingin, semakin rendah angkanya semakin encer sedangkan angka 40 adalah kekentalan oli pada saat kondisi mesin sudah berjalan.
Lanjut ke kode JASO, JASO singkatan dari Japanese
Automotive Standart Association, suatu badan atau lembaga uji standar kualitas
oli di jepang, sedangkan kata MA berarti penggunaan oli untuk mesin
kopling basah seperti motor bebek dan sport,
sekarang kita lanjut cara penggantian oli di motor Jupiter
MX 135 LC, kapasitas oli MX adalah 0.94 liter untuk penggantian
berkala. untuk total kapasitasnya 1,15 liter, kalau susah takarnya 1
liter tidak masalah untuk penggantian berkala.
Cara penggantian Oli Yamaha Jupiter MX 135 Lc.
Pertama, buka dulu baud untuk membuang oli lama, letaknya ada
di bawah mesin, karena agak susah untuk membuka baudnya, kita gunakan kunci shock
atau kunci ring dengan ukuran 19 mm. memgunakan kunci shock karena lebih
mempermudah.
Kedua, buka tutup inlet oli yang ada di sebelah kanan untuk
mempercepat pembuangan oli, di step ini tergantung kebiasaan, bisa juga buka
tutup inlet sebelum outlet.
Ketiga, Sekarang tinggal kita tunggu oli benar-benar surut, sementara
itu, kita bersihkan saring oli dan baud dari kotoran, agar butiran pasir atau
kotoran tidak terbawa masuk ke mesin pada saat saringan dan baud outlet kita
pasang kembali.
Keempat, ketika Oli sudah surut kita pasang kembali saringan
dan baud outletnya, sekarang kita buka kemasan olinya, untuk oli Yamalube cara
buka tutupnya agak uniq ya kita harus congkel tutup kemasan oli dengan obeng
minus, meski agak sulit tapi lebih safety dari praktek pemalsuan oli,
Kelima, sekerang tuang olinya menggunakan corong, karena
posisi lubang inlet nya agak miring dan kecil jadi susah jika tidak menggunakan
corong.
Proses penggantian oli sudah selesai, tinggal engkol dulu
beberapa kali sebelum kita nyalakan kontak dan jengkol lagi, kita running mesin
beberapa saat agar oli masuk ke komponen-komponen mesin.
Komentar
Posting Komentar