Bagaimana cara membuka piston kaliper rem motor yang macet ? mungkin ini yang jadi pertanyaan kamu hari ini, dan itu juga pernah saya alami.
beberapa waktu lalu saya punya sedikit kendala di motor saya, ban depan motor saya mengalami putaran yang tersendat pada saat di putar dengan tangan dan pada saat berkendara, disc break cenderung lebih panas, kadang timbul bunyi pada saat di rem.
Karena penasaran akhirnya saya memutuskan untuk check
kondisi ban depan. Pertama kali kecurigaan ke bagian kanvas rem, setelah di
check kanvas rem masih tebal. kemudian check oli rem apakah masih terisi atau
habis, dan seteleh di check masih terisi penuh, akhirnya di putuskan untuk
bongkar kaliper.
Pada saat kaliper sudah di bongkar barulah ketahuan kalau salah satu piston di kaliper rem tidak berfungsi dengan normal. Piston rem yang seharusnya bergerak secara bersamaan pada saat tuas rem di tekan, yang terjadi hanya bergerak satu saja, yang satunya cenderung terus diam di posisi terakhir dan macet
Di awal bingung juga kenapa bisa terjadi, sependek
pengalaman saya dulu pernah terjadi di kaliper belakang dan penyebabnya adalah piston
kotor, tanpa pikir panjang langsung bongkar piston. Tidak mudah memang buat
mengeluarkan piston dari rumahnya perlu tool khusus, tapi karena keterbatasan,
akhirnya di gunakan cara manual menggunakan tang dan lap.
Ok dari pada lama kita mulai.
- Kita akan menarik piston dari pistonnya dengan menggunakan tang lancip atau tang multipurpose tidak masalah.
- Sebelum kita menarik piston dengan tang pastikan permukaan piston yang akan di tari kita balut terkelih dahulu dengan lap disarankan menggunakan lap yang tebal atau bekas celana jeans. lap ini berfungsi untuk menahan tekanan dari mulut tang ke dinding piston rem.
- Setelah siap baru tekan lap dengan mulut tang, dan mulai menarik permukaan piston ke arah luar, lakukan dengan perlahan sambil di sedikit di putar kiri dan kanan arah pistonnya usahakan tekanan tangan tidak terlalu full tenaga, karena di takutkan kan tang akan mengores permukaan dinding piston rem.
- Setelah berhasil di tarik keluar piston kaliper remnya, buang semua minyak rem ya ada di rumah piston kemudian bersihkan dengan seksama sampai rumah piston kering.
- Bersihkan piston rem, piston rem yang macet biasanya di sebabkan karena adanya kotoran yang menempel di dinding piston, sehingga macet pada saar piston rem masuk ke rumah piston. jadi kita bersihkan dulu kotoranya dengan cari di lap, hindari membersihkan piston kaliper dengan menggunakan benda kasar, misal ya dengan amplas dan sebagainya kerena akan merusak lapisan teplon yang ada di piston rem.
- Ketika semua permukaan piston rem sudah bersih, sekarang tinggal di masukan kembali ke rumah piston, sebelum di masukan lumuri dulu permukaan piston bagian luar dengan cairan rem, tujuannya agar tidak susah masuk dan seal karet di rumah piston tidak rusak. masukan piston remnya tidak usah terlalu dalam ya, karena kita nanti kita akan memasukan cairan rem, jadi membutuhkan ruang untuk menampung cairan rem.
- Masukan cairan rem lewat tank penampungan cairan rem, jangan lupa buka terlebih dahulu baud pembuangan minyak rem di kaliper. kalau sudah tuang cairan rem ke tank perlahan lahan, sampai semua ruang terisi, tandanya
cairan rem keluar di baud pembuangan cairan rem pada kaliper.
- Kencangkan dulu baud pembuangan cairan rem di kaliper, kemudian tutup tank penampungan
cairan rem
- Pasangkan kaliper ke suspensi dan masukan kampas rem, setelah terpasang, mulai tekan
tuas rem sampai dirasa piston menekan kampas rem.
- Buka lagi tutup tank penampungan cairan rem, untuk kita lihat apakah cairan rem berkurang?, kalau iya tambahkan lagi cairan rem dan tutup kembali tank penampungan. Tekan tekan lagi tuas rem hanya memastikan kaliper berfungsi dengan baik.
Komentar
Posting Komentar