Penyebab Aki Kering MOTOR LOW BATT tidak bisa Starter

 

aki motor low batt - cahinfo

Kesel banget pasti ketika mau jalan-jalan, eh motornya tidak bisa di starter, mana tidak ada kick starternya, atau motor mesinnya mati pas ada di traffic light, akhirnya harus dorong ke tepi jalan buat kick stater.

Pernah mengalami kejadian seperti cerita di atas ?

Permasalahanya bisa jadi karena aki motor tidak dalam kondisi optimal!  Yap benar banget hal yang selalu luput dari pandangan, karena merasa sudah pakai aki kering jadi tidak khawatir pasti baik-baik saja tanpa di rawat.

Memangnya ada cara merawat aki kering ? kan aki kering tidak seperti aki basah, harus isi cairan aki dan di charger ulang,

Tidak salah pernyataan di atas, aki kering memang tidak bisa di isi cairan aki, tidak seperti aki basah  akan tetapi aki kering bisa di charger dan sangat di rekomendasikan oleh mekanik untuk di charger,

Mungkin sobat belum tahu kalo aki kering sebenarnya sama seperti aki basah perlu di rawat salah satunya dengan charger, banyak sekali aki kering shoak ( aki motor lemah ) hanya karena tidak memperhatikan hal ini, dan kemudian berimbas sepeda motor jadi tidak bisa di starter, karena kurangnya voltase listrik untuk menyalakan dinamo starter. 

Jadi kapan seharusnya aki motor di lakukan recharger ?

Sebenarnya tidak ada waktu yang tetap tentang kapan baiknya recharger aki karena ada beberapa hal yang mempengaruhinya, misalnya pemakaian motor itu sendiri, apakah di pakai tiap hari atau hanya di pergunakan beberapa hari saja dan lebih banyak di simpan di garasi. 

Pada dasarnya tegangan aki akan berkurang ketika tidak adanya supply listrik yang masuk ke dalamnya, itu sebabnya kalau motor baru semua akinya belum terpasang. aki akan di pasang atau di koneksi apabila akan di kirim ke customer tujuannya menjaga tegangan aki agar tidak berkurang , dan tentu saja lebih aman di pengiriman jarak jauh.

Hal yang perlu diketahui kapan kita harus recharger aki? Jawabnya dengan mencek tegangan aki, kita bisa secara manual menceknya dengan menggunakan alat voltmeter atau memasang voltmeter di motor, biasanya untuk motor tipe-tipe terbaru sudah di lengkapi dengan feature ini.

Jadi bagaimana cara charger aki kering ?


  1. Cek berapa tegangan yang ada di aki tersebut, tegangan normal untuk aki dengan kapasitas 12v adalah 12,3 volts kalau di bawah itu berarti sudah perlu di charger.

  2. Gunakan alat charger aki yang sesuai dengan kapasitas aki tersebut, untuk aki dengan kapasitas 12v cukup menggunakan charger aki 2 Ampere.

  3. Pasangkan penjepit dari charger aki ke aki , hal yang perlu di perhatikan jangan sampai salah pasang, penjepit warna merah berarti ke kutub positif (+) warna hitam berati negatif (-).

  4. Tunggu sampai kurang lebih 8 – 10 jam, biasanya berapa lama waktu yang di perlukan tertulis di body aki.

  5. Kalau sudah selesai tinggal cek kembali dengan voltmeter atau kita pasang kembali ke motor dan coba lihat indikator tegangannya apakah naik atau tidak, kalau tidak ada indikator atau tidak pasang voltmeter di motor, bisa coba pijit tombol starter kalau menyala berarti aki tercharger dengan baik dan masih berfungsi.

Kesimpulannya klo motor tidak akan di gunakan dalam waktu dekat misal beberapa minggu, lebih baik aki tidak dikoneksikan, atau solusi mudahnya bisa di warming up dengan interval yang teratur misal 2 hari sekali dalam waktu beberapa menit hanya saja. power yang masuk ke aki tidak terlalu besar tapi lebih baik ketimbang drop.


Komentar